Senin, 12 September 2011

Kerendahan Hati Membuka Pengetahuan Sejati

Kerendahan hati sangatlah penting. Kerendahan hati berarti ketiadaan ego. Ego berarti ketiadaan kerendahan hati. Tanpa kerendahan hati, kalian akan menyebabkan banyak masalah dan sakit kepala kepada setiap orang, termasuk Guru. Bahkan pada saat kalian ingin melakukan sesuatu yang baik, akan tetapi kalian melakukannya dengan ego. Hanya dengan cara yang kalian pikirkan! Kalian mengabaikan orang lain. Kalian tidak mempertimbangkan yang lainnya. Ini bukan karena kalian menginginkannya; akan tetapi kalian hanya hidup dengan cara seperti itu. Ego kalian membawa kalian ke dalam cara hidup tanpa pertimbangan semacam itu, dan kalian akan mengalami kesulitan untuk memahami perasaan atau kesenangan hidup orang lain 

Hanya ketika kalian menghapus ego kalian, maka pengetahuan kalian akan benar-benar terbuka. Itulah mengapa di zaman dahulu dikatakan, “Orang yang mengetahui tampak seperti orang yang berpengetahuan rendah,” dia tampak seperti seseorang yang tidak tahu, karena dia mungkin tidak memamerkan keahlian atau pengetahuan duniawinya. Dia bahkan tidak ingin pamer! Jika dia mengetahui, dia tidak pamer. Baginya itu tidak penting lagi. Hal yang terpenting adalah pengetahuan sejati Surga, pengetahuan sejati, asli, yang kita abaikan demi belajar beberapa keahlian atau sesuatu di dunia ini, atau demi doktrin atau kebijakan atau bakat istimewa, hanya untuk berada di posisi puncak dalam masyarakat – mengorbankan Diri Sejati kita sendiri dan pengetahuan sejati yang senantiasa kita miliki, hanya untuk menjadi orang hebat.

Jadi, mempunyai pengetahuan di dunia ini bukanlah prioritas utama, sunguh. Tentu saja, pelajari apa yang kalian bisa untuk bertahan hidup. Tetapi jika kita mengorbankan pengetahuan sejati kita demi keahlian duniawi, maka itu sangat disayangkan. Itu hanya akan meningkatkan ego kita, dan akan memisahkan kita lebih jauh dari pengetahuan sejati kita – dari Dia yang mengetahui segalanya, Dia yang meliputi semua tempat, dan Dia yang tidak pernah salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar